Saturday, 13 December 2014

TAFSIR SURAT ADZ ZARIYAT AYAT 47

“Dan langit itu kami bangun dengan kekuasaan (kami) dan Sesungguhnya kami benar-benar meluaskannya.”

Tafsir Al-Maraghi
اَلْاَيْدِ                  – Al-Aidi : Kekuatan
لَمُوْسِعُوْنَ          – Lamusi’un : Benar-benar mempunyai kemampuan untuk menciptakan langit dan menciptakan lainnya. Berasal dari kata Al-Wus’u yang berarti tenaga.
Secara umum, setelah Allah SWT memasukkan terjadinya penghimpunan dan memberikan dalil-dalil yang menunjukkan bahwa penghimpunan itu pasti terjadi tanpa diragukan lagi, maka Allah menunjukkan keesaan dan kebesaran kekuasaan-Nya. Diterangkan bahwa Allah telah menciptakan langit tanpa tiang, dan menghamparkan serta membentangkan bumi ini supaya bisa didiami oleh manusia maupun binatang, dan Dia telah menciptakan pula masing-masing jenis binatang sejodoh-sejodoh, jantan atau betina, supaya kebaradaan segala jenis binatang tetap berlangsung sampai dengan kebinasaan alam ini, sesuai dengan yang dikehendaki Allah.
Dan sesungguhnya Allah telah membangun langit dengan kemampuan-Nya yang mengagumkan dan kekuasaan Yang Maha Besar. Dan sesungguhnya Allah benar-benar Maha kuasa untuk melakukan hal itu tanpa mengalami keletihan maupun kepayahan. Pernyataan ini merupakan sindiran terhadap kaum Yahudi yang mengatakan bahwa Allah menciptakan langit dan bumi dalam enam hari. Lalu beristirahat pada hari ketujuh dengan berbaring di atas ‘Arsy.[1]

Tafsir Ibnu Katsir
Menurut Tafsir Ibnu Katsir, dalam ayat ini Allah berfirman seraya mengingatkan penciptaan alam uluwwi (bagian atas) dan alam sufli (bagian bawah). Allah telah menjadikan langit itu sebagai atap yang terpelihara dan tinggi dengan kekuatan-Nya. Demikian itu dikemukakan oleh Ibnu Abbas, Mujahid, dan Qatadah Ats-Tsauri dll. dan Allah juga yang telah menjadikan seluruh penjurunya luas, kemudian Kami meninggikan tanpa menggunakan tiang, sehingga ia menggantung sebagaimana adanya.[2]

Tafsir Al-Mishbah
Dan langit itu kami bangun yaitu ciptakan dengan kekuasaan (kami) yang Maha Dahsyat atau berdasar nikmat Kami yang melimpah dan Sesungguhnya kami benar-benar Maha Luas dalam kekuasaan kami tanpa ada sesuatupun yang menghalangi.
Ayat 47 ini, mengisyaratkan beberapa rahasia ilmiah. Diantaranya bahwa Allah SWT menciptakan alam yang luas ini dengan kekuasaanNya. Dia maha kuasa atas segala sesuatu. Kata sama’ (langit) pada ayat tersebut dimaksudkan sebagai segala sesuatu yang ada disekitar benda-benda langit seperti plenet, bintang, tata surya dan galaksi juga disebut langit. Bagian alam raya yang terlihat ini amatlah luas, tak terbayangkan dan tak terbatas, sebab jaraknya bisa mencapai jutaan tahun cahaya. Menurut ilmu pengetahuan modern, satu tahun cahaya berarti jarak yang dilalui cahaya dengan kecepatan 300.000 km/s. Frase “Wa Inna Lamusi’un” sesungguhnya kami benar-benar maha meluaskan. Artinya, Kami meluaskan alam tersebut yang berlangsung sepanjang masa. Ini juga telah ditemukan dalam ilmu pengetahuan modern yang dikenal dengan teori ekspansi. Menurut teori tersebut, nebula di luar galaksi tempat kita tinggal menjauh dari kita dengan kecepatan yang berbeda-beda. Bahkan banda-benda langit dalam satu galaksi pun saling menjauh satu sama lainnya.[3]
Tafsir Jalalain

Dan langit itu kami bangun dengan kekuasaan (kami) dengan kekuatan kami. dan Sesungguhnya kami benar-benar berkuasa dikatakan adar rajulu ya-idu qawiyyu artinya lelaki itu menjadi kuat. Dikatakan awsa’ar rajulu, artinya ia menjadi orang yang memiliki pengaruh dan kekuatan.[4]

[1] Ahmad Mushthafa Al-Maraghi, Terjemah Tafsir Al-Maraghi, (Semarang: CV. Toha Putra), 1989, Hlm. 15-17.
[2] DR. ‘Abdullah bin Muhammad bin ‘Abdurrahman bin Ishaq Alu Syaikh, Tafsir Ibnu Katsir Jilid 7, (Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i), 2005, hlm. 543-544.
[3] M. Quiaish Shihab, Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, (Jakarta: Lentera Hati), 2002, hlm. 350-352.
[4] Imam Jalaluddin Al-Mahalli dan Imam Jalaluddin As-Suyuti, Terjemahan Tafsir Jalalain Berikut Asbabun Nuzul Jilid 2, (Bandung: Sinar Baru Algensindo), 2008, hlm. 931.

0 comments:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com