Wednesday, 19 November 2014

RPP BAHASA INGGRIS BAB 4 KELAS 1 SMP KURIKULUM 2013









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                   : SMPN 2 Karang Baru
Mata Pelajaran                         Bahasa Inggris
Kelas/semester                          VII (tujuh)/ 1 (satu)
Materi Pokok                            : 4. I love People Around Me
Alokasi Waktu                          8 JP (4xpertemuan)
A.       Kompetensi Inti
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan  kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Nomor
Kompetensi dasar
Indikator pencapaian Kompetensi
1
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

2
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

3
3.4 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.4.1 Siswa mampu mengidentifikasi teks memaparkan dan menanyakan jati diri dengan snagat pendek dan sederhana
3.4.2 Siswa mampu menyatakan teks memaparkan dan menanyakan jati diri dengan sangat pendek dan sederhana.
3.4.3 Siswa mampu menyusun teks memaparkan dan menanyakan jati diri dengan snagat pendek dan sederhana.
3.4.4 Siswa mampu menulis teks memaparkan dan menanyakan jati diri dengan sangat pendek dan sederhana.
4
4.4 Menangkap makna pemaparan jati diri lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana.
4.5 Menyusun teks lisan dan tulis untuk memaparkan dan menanyakan jati diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.4.1 Siswa mampu menggunakan teks pemaparan jati diri dengan sangat pendek dan sederhana.
4.5.1 Siswa mampu mendemonstrasikan teks memaparkan dan menanyakan jati diri dengan sangat pendek dan sederhana




C.     Materi Pembelajaran 
1.      Teks lisan dan tulis untuk  memaparkan jati diri


2.      Fungsi sosial
Mengenalkan, menyebutkan identitas, untuk menjalin hubungan antar pribadi dengan guru dan teman
3.      Struktur teks
(ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
a.      My name is Arif, a-r-i-f. My father is Mr. Zainal. How do you spell your name? Who is she? I have two sisters, Siska and Muti. Is she your friend? dan seterusnya
b.      My dad is a nurse? He helps the doctors. His father is a gardener. She is the janitor, and she cleans the classrooms., dan semacamnya.
4.      Unsur kebahasaan
a.      Nama status hubungan keluarga dan kekerabatan
b.      Nama profesi pekerjaan.
c.       Kata tanya Who? Which? How?
d.      Kata ganti I, you, we, she, it, they, we. dan seterusnya.
e.       Kata ganti my, your, our, her, their, his, dan seterusnya.
f.        Kata kerja yang menunjuk tindakan yang sangat lazim dan terkait dalam simple present tense: be, have, work, live, dan sebagainya.
g.      Penyebutan kata benda singular dan plural (-s), dan children
h.      Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan.
5.      Topik kalimat
Diri sendiri, orang tua, kakak, adik, famili, tetangga, dan orang terdekat lainnya, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, percaya diri, tanggung jawab, dan jujur.

D.    Metode Pembelajaran
v Pendekatan      : Scientific Learning (Observing, Questioning, Experimenting, Associating, Communicating)
v Model              : Project Based Learning

E.     Media, Alat dan Sumber Belajar
1.      Media dan Alat
v  Bola
v  Karton
v  Kertas Origami
2.      Sumber Belajar
v  LKS Zamrud Pendidikan Bahasa Inggris Kelas VII halaman 35-46
v  When English Rings a Bell halaman 68-84




F.   Langkah-langkahKegiatanPembelajaran 
    Pertemuan 1
Kegiatan
Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.    Kegiatan Awal
·      Siswa bersama guru  mengucapkan salam dan berdoa.
·      Guru mengecek kehadiran siswa.
·      Guru memberikan motivasi dan apersepsi dengan mengaitkan pelajaran dengan materi sebelumnya
What did you learn last week?
10 menit
2.    Kegiatan Inti
Mengamati (Observing)
·      Guru dan siswa bersama-sama menyanyikan lagu “Mother How Are You Today
·      Siswa mengamati lirik lagu tersebut.

60 menit
Menanya (Questioning)
·       Guru memancing siswa untuk bertanya dengan pertanyaan: “What do tou know about this song?”
·       Dengan bimbingan guru, siswa menterjemahkan lirik lagu tersebut.
·       Guru memancing siswa untuk bertanya dengan pertanyaan: “Can you mention members of a family?”
Mencoba (Experimenting)
·       Dengan bimbingan guru, siswa menyebutkan anggota keluarga satu persatu dengan pengucapan yang benar: Mother, Father, brother, sister, uncle, aunt, niece, nephew, grandmother, grandfather.
·       Dengan bimbingan guru, siswa mengisi task 2 pada halaman 35 LKS. Guru membacakan teks tersebut sebanyak tiga kali. Siswa mendegarkan dan mengisi bagian yang hilang sehingga paragraf tersebut menjadi sempurna.
·       Dengan bimbingan guru, siswa mengisi task 3 halaman 35 secara lisan.
Mengasosiasikan (Associating)
·      Guru menugaskan siswa untuk mengisi task 4 halaman 36 sesuai dengan teks pada halaman 35.
Kegiatan Akhir
·      Guru menanyakan kepada siswa nama-nama anggota keluarga di dalam Bahasa Inggris.
·      Guru menanyakan kepada siswa kosa kata apa yang telah mereka dapatkan dari kegiatan pembelajaran tersebut.
10 menit

Pertemuan 2
Kegiatan
Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.    Kegiatan Awal
·      Siswa bersama guru  mengucapkan salam dan berdoa.
·      Guru mengecek kehadiran siswa.
·      Guru memberikan motivasi dan apersepsi dengan mengaitkan pelajaran dengan materi sebelumnya
What did you learn last week?
10  menit
2.    Kegiatan Inti
Mengamati (Observing)
·      Guru menunjukkan kepada siswa sebuah gambar anggota keluarga.
·      Guru meminta siswa untuk mengamati gambar tersebut.
60 menit
Menanya (Questioning)
·       Guru menanyakan kepada siswa nama-nama anggota keluarga sambil menunjukkan gambar anggota keluarga yang dmaksud. Misalnya:
v  Where is grandmother?
v  Who is she?
v  Which one is daughter?
Mencoba (Experimenting)
·       Dengan bimbingan guru, siswa menyebutkan nama-nama anggota keluarga yang ditunjukkan oleh gambar tersebut.
·       Dengan bimbingan guru, siswa membuat pohon keluarga/ family tree dari gambar tersebut dan menyebutkan relasinya.
Mengasosiasi  (Associatiating)
·   Guru membagi siswa dalam empat kelompok. Guru memberikan gambar pohon keluarga. Siswa harus menuliskan relasi kekeluargaan berdasarkan gambar pada pohon keluarga tersebut.
Mengkomunikasikan (Communicating)
·   Masing-masing kelompok membacakan hasil kerja mereka di depan kelas.
3.    Kegiatan Akhir
·      Guru menayakan kepada siswa bagaimana cara menyatakan relasi kekeluargaan menggunakan pohon keluarga.
·      Guru menugaskan setiap siswa untuk membuat pohon keluarga mereka dan menuliskan relasinya. Tugas ini dikerjakan selama dua minggu dan menjadi tugas portofolio.
10 menit

Pertemuan 3
Kegiatan
Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.    Kegiatan Awal
·      Siswa bersama guru  mengucapkan salam dan berdoa.
·      Guru mengecek kehadiran siswa.
·      Guru memberikan motivasi dan apersepsi dengan mengaitkan pelajaran dengan materi sebelumnya
What did you learn last week?
10  menit
2.    Kegiatan Inti
Mengamati (Observing)
·      Guru meminta siswa untuk mengamati dan membaca task 13 halaman 39 LKS.
60 menit
Menanya (Questioning)
·       Guru menanyakan kepada siswa apa yang mereka ketahui dan dapatkan setelah membaca teks tersebut dengan menggunakan kata-kata siswa sendiri sesuai pemahamannya.
Mencoba (Experimenting)
·       Dengan bimbingan guru, siswa menterjemahkan teks tersebut agar siswa mendapatkan pemahaman yang benar mengenai isi teks tersebut.
·       Guru membimbing siswa untuk menjawab task 14 halaman 39  LKS secara lisan.
Mengasosiasi (Associatiating)
·   Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan task 15 halaman 40 LKS sesuai dengan teks yang telah diterjemahkan bersama dan menuliskan relasinya.
3.    Kegiatan Akhir
·      Guru menayakan kepada siswa bagaimana cara menyatakan hubungan kekeluargaan dengan benar.
10 menit




Pertemuan 4
Kegiatan
Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.    Kegiatan Awal
·      Siswa bersama guru  mengucapkan salam dan berdoa.
·      Guru mengecek kehadiran siswa.
·      Guru memberikan motivasi dan apersepsi dengan mengaitkan pelajaran dengan materi sebelumnya
What did you learn last week?
10  menit
2.    Kegiatan Inti
Mencoba(Experimenting) Lanjutan
·      Guru meminta beberapa orang siswa untuk menyatakan hubungan relasi dari pembelajaran sebelumnya di depan kelas. Guru membimbing siswa tersebut untuk menytakan relasi dari tugas tersebut.
60 menit
Mengasosiasi (Associating) Lanjutan
·      Guru membagi siswa ke dalam 4 kelompok dan menugaskan siswa untuk membuat percakapan sederhana berdasarkan task 21 halaman 42 LKS beserta terjemahannya.
Mengkomunikasikan (Communicating)
·      Masing-masing kelompok menampilkan hasil kerja kelompok mereka di depan kelas.
3.    Kegiatan Akhir
·      Guru menanyakan kepada siswa bagaimana cara menyebutkan anggota keluarga dalam bahasa Inggris dan bagaimana cara menyatakan hubungan kekeluargaan dengan benar.
10 menit


G. Penilaian (Instrumen  terlampir)
1.    Penilaian sikap
2.    Penilaian pengetahuan
3.    Penilaian ketrampilan



Mengetahui,                                                        Karang Baru, 4 Agustus 2014
Kepala SMPN 2 Karang Baru                                       Guru Pamong

  
Mursidah, S. Pd                                                   Juhairiyah, S. Pd
NIP. 19620116 198703 2003                              NIP. 19740710 200701 2005 

Guru PPL


Nurul Hidayani
NIM. 141100649












Lampiran Penilaian
1.      Sikap
a.      Format Penilain Sikap Individu
NO
NAMA SISWA
KOMPONEN NILAI SIKAP (Skala 100)
RATA-RATA

OBSERVASI/PENGAMATAN SAAT KBM
PEN DIRI
PEN SJWT
JRNL
PREDIKAT
DISKRIPSI
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
RT-2
1




















2




















3




















4




















5






















1
Keterbukaan
7
Ramah Dengan Teman
2
Ketekunan Belajar
8
Hormat Pada Guru
3
Kerajinan
9
Kejujuran
4
Tenggang Rasa
10
Menepati Janji
5
Kedisiplinan
11
Kepedulian
6
Kerjasama
12
Tanggung Jawab
Interval
Keterangan
80-100
Sangat Baik
70-79
Baik
60-69
Cukup
≤ 59
Kurang

b.      Format Penilaian Sikap Dalam Kelompok
A.    Teknik Penilaian          :
B.     Bentuk Instrumen       :
Kelompok                         :
Kelas                                 :
Materi Pokok                    :


No

Nama
Siswa

Perilaku yang Dinilai


Jumlah Nilai
Penguasaan Materi
Aktivitas
Kreatifitas
Kekompakan
1







2







3







4







5







6








Keterangan Aspek Penilaian
A   = Baik Sekali   = 4
B   = Baik             = 3
C   = Cukup          = 2
D   = Kurang         = 1

Kategori Nilai       = Jumlah Perolehan skor x 100
                                          Jumlah skor sikap

Baik sekali, bila memperoleh nilai             8,5 – 100
Baik, bila memperoleh nilai                       6,5 – 85
Cukup, bila memperoleh nilai                   5,5 – 6,4
Kurang                                          >          5,4

2.      Pengetahuan
Fill in the blanks with the correct answer !
1.      Your mother is your …..
2.      Nisa is her uncle’s ……
3.      Dewa has grandmother, dewa is his grandmother …..
4.       Your brother’s son is your …….
5.      You spell latter ……..
6.      The spelling  of the word aunt is …….
7.      Dara is her parrents is …….
8.      My name is Anton, I am my brother’s ……..
9.      My brother’s wife is my ……
10.  Indah is my uncle’s daughter, she is my ……
Kunci Jawaban:
1.        Aunt
2.        Niece
3.        Grandson
4.        Nephew
5.        /ai/
6.        /ei/ /ju:/ /en/ /ti:/
7.        Daughter
8.        Brother
9.        Sister in law
10.    Cousin

Skor perbutir                                                  = 10
Skor maksimal                                    = 10x10           = 100

3.      Keterampilan

RUBRIK PENILAIAN WRITING

Mata Pelajaran            : ………………………………….
Kelas                           : ………………………………….
Semesster                    : ………………………………….
Tahun Pelajaran           : ………………………………….

NO
NIS
NAMA
KEJELASAN GAGASAN (35)
GRAMMAR
(30)
PILIHAN KATA
(15)
MECANIC/ PUNCTUATION
(10)
STRUKTUR TEKS
(10)
Total



















































































LEMBAR KERJA SISWA

Pertemuan 1
From teh text above, Fill in intan’s family tree!


Pertemuan 2
Look at this family tree and tell the relation!
Kunci Jawaban:
Mr. Ridwan is merried with Mrs. Sarah. They have two children. The first son is Mr. Johan. He is married with Mrs. Yuli. They do not have any children yet. Second daughter is Mrs. Hasanah. She is married with Mr. Didi. They have two sons and one daughter. Their sons are Indra and Beni and their daughter is Siti.

Pertemuan 3
Make a family tree of Udin’s family and tell the relation!
Kunci Jawaban:
Mr. Rojali Seetiawan is merried with Mrs. Ipah Setiawan. They have two children. The first son is Mr. Rafei Setiawan. He is married with Mrs. Rohaya Setiawan. They do not have any children yet. Second daughter is Mrs. Rafiah Mardani, Udin’s mother. She is married with Mr. Jafar Mardani, Udin’s father. They have two sons. They are Unang Mardani, Udin’s elder brother, and Udin Mardani.

Pertemuan 4
Do as the example!
Example
Father-Robert-Policeman
A: Who is the man?
B: He is my father
A: What is his name?
B: His name is Robert
A: What is he?
B: He is a policeman
1
Mother-Nina-Nurse
A: Who is the woman?
B: SHe is my mother
A: What is her name?
B: Her name is Nina
A: What is she?
B: She is a Nurse
2
Grandfather-Rahmadi-Farmer
A: Who is the man?
B: He is my grandfather
A: What is his name?
B: His name is Rahmadi
A: What is he?
B: He is a farmer
3
Aut-Widya-Tailor
A: Who is the woman?
B: SHe is my aunt
A: What is her name?
B: Her name is Widya
A: What is she?
B: She is a  tailor
4
Uncle--Bob--Doctor
A: Who is the man?
B: He is my uncle
A: What is his name?
B: His name is Bob
A: What is he?
B: He is a doctor
5
Sister-Laila-Secretary
A: Who is the woman?
B: SHe is my sister
A: What is her name?
B: Her name is Laila
A: What is she?
B: She is a  secreatry



0 comments:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com