Wednesday, 8 October 2014

RPP BAHASA INGGRIS BAB 2 KELAS 1 SMP KURIKULUM 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP Negeri 2 Karang Baru
Mata Pelajaran                      Bahasa Inggris
Kelas/semester                        VII (tujuh)/ 1 (satu)
Materi Pokok                          : 2. It’s Me
Alokasi Waktu                        4 JP (2xpertemuan)

A.     Kompetensi Inti
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan  kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Nomor
Kompetensi dasar
Indikator pencapaian Kompetensi
1
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

2
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.

3
3.2             Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perkenalan diri, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.

3.2.1        Siswa mampu menyebutkan kata-kata perkenalan diri beserta responnya.
3.2.2        Siswa mampu mengubah dan menyesuaikan  teks perkanalan diri pada contoh sesuai dengan identitasnya.
4
4.2 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon perkenalan diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

4.2.1 Siswa mampu menghafal dan menjabarkan teks perkenalan dirinya.
4.2.2 Siswa mampu mendemonstrasikan teks perkenalan dirinya.


C.     Materi Pembelajaran 
1.      Teks lisan dan tulis sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon perkenalan diri
2.      Fungsi sosial
Memperkenalkan diri untuk menjalin hubungan interpersonal dengan guru dan teman
3.      Struktur teks
My name is ..., I’m ..., I live in ... , What’s your name?, Where do you live?, Nice  to meet you, How do you do, ... dan semacamnya.
4.      Unsur kebahasaan
·      Kosa kata,
·      Tata bahasa (be, have, kata ganti I, he, she, they; kata ganti kepunyaan, my, your, his, their)
·      ucapan,
·      tekanan kata,
·      dan intonasi.
5.      Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.

D.     Metode Pembelajaran
Ø  Pendekatan      : Scientific Learning  ( observing, questioning, experimenting, associating, commmunicating )
Ø  Model              : Problem Based Learning.

E.     Media, Alat dan Sumber Belajar
1.      Media dan Alat
Ø Teks Perkenalan diri berwarna dan foto diri
2.      Sumber Belajar
Ø Buku Siswa P. 26
Ø LKS Zamrud hal. 12

F.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 
    Pertemuan 1
Kegiatan
Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.    Kegiatan Awal
·         Siswa bersama guru  mengucapkan salam dan berdoa.
·         Guru mengecek kehadiran siswa.
·         Guru memberikan motivasi dan apersepsi.
·         Mengaitkan pembelajaran dengan materi sebelumnya dengan beberapa pertanyaan; seperti:
Do remember what you have learnt last meeting?
10 menit
2.    Kegiatan Inti
Mengamati (Observing)
·      Guru memperkenalkan dirinya secara lisan.
·      Siswa meniru guru memperkenalkan dirinya secara singkat.
60 menit
Menanya (Questioning)
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa membuat pertanyaan kepada siswa lainnya tentang perkenalan diri siswa lainnya.
Mencoba (Experimenting)
·      Dengan bimbingan guru, siswa membaca dan mencatat Expressions of Self Introduction pada LKS halaman 9
·      Dengan bimbingan guru, siswa membaca contoh teks perkenalan diri pada halaman 12 LKS dengan pengucapan yang benar serta menterjemahkannya.
Mengasosiasi (Associating)
·      Dengan bimbingan guru, siswa mengubah teks perkenalan diri yang telah dibaca sesuai dengan identitas siswa.
3.    Kegiatan Akhir
·      Guru menugaskan siswa untuk menghiast teks perkenalan diri tersebut serta menghafalkannya di rumah.
·      Guru menanyakan kepada siswa cara-cara memperkanalkan diri dalam bahasa Inggris.
10 menit

Pertemuan 2
Kegiatan
Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.    Kegiatan Awal
·      Siswa bersama guru  mengucapkan salam dan berdoa.
·      Guru mengecek kehadiran siswa.
·      Guru memberikan motivasi dan apersepsi.
·      Mengaitkan pembelajaran dengan materi sebelumnya dengan beberapa pertanyaan; seperti:
Do remember what you have learnt last meeting?
10 menit
2.    Kegiatan Inti
Mengkomunikasikan (Communicating)
·         Siswa secara bergantian tampil ke depan kelas untuk memperkenalkan dirinya sesuai dengan teks perkenalan diri yang telah dibuat sebelumnya.
·         Siswa lainnya mendengarkan siswa yang tampil.
·         Guru menanyakan beberapa siswa secara lisan mengenai identitas perkenalan diri siswa lainnya.
60 menit
3.    Kegiatan Akhir
·      Guru menanyakan kepada siswa cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.
·      Guru menanyakan kepada siswa contoh ungkapan untuk memperkenalkan diri.
10 menit


G.    Penilaian (Instrumen  terlampir)
1.    Penilaian sikap
2.    Penilaian pengetahuan
3.    Penilaian ketrampilan





Mengetahui,                                                                    Karang Baru, 6 Juli 2014
Kepala SMPN 2 Karang Baru                                                   Guru Pamong



Mursidah, S. Pd                                                               Juhairiyah, S. Pd
NIP. 196220116 198703 2003                                        NIP. 19740710 200701 2005 



Guru PPL


Nurul Hidayani
  NIM. 141100649



Lampiran Penilaian
1.      Sikap
NO
NAMA SISWA
KOMPONEN NILAI SIKAP (Skala 100)
RATA-RATA

OBSERVASI/PENGAMATAN SAAT KBM
PEN DIRI
PEN SJWT
JRNL
PREDIKAT
DISKRIPSI
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
RT-2
1




















2




















3




















4




















5





















Interval
Keterangan
80-100
Sangat Baik
70-79
Baik
60-69
Cukup
≤ 59
Kurang

1
Keterbukaan
7
Ramah Dengan Teman
2
Ketekunan Belajar
8
Hormat Pada Guru
3
Kerajinan
9
Kejujuran
4
Tenggang Rasa
10
Menepati Janji
5
Kedisiplinan
11
Kepedulian
6
Kerjasama
12
Tanggung Jawab

2.      Pengetahuan
Exercice LKS Zamrud 1-20, halaman 15-16
Pedoman Penskoran= setiap butir 5 jadi
Skor maksimal= 5x20 = 100

3.      Keterampilan
NO
NAMA SISWA
KOMPONEN NILAI KETRAMPILAN (Skala 5)
RATA-RATA
NILAI LHB PENGETAHUAN
SPEAKING 1
SPEAKING 2
SPEAKING 3
KONVERSI (skala 1-4)
PREDIKAT
PRONUNCIATION
VOCABULARY
PFLUENCY
INTONATION
GRAMMATICAL
RT-2
PRONUNCIATION
VOCABULARY
PFLUENCY
INTONATION
GRAMMATICAL
RT-2
PRONUNCIATION
VOCABULARY
PFLUENCY
INTONATION
GRAMMATICAL
RT-2
1






















2






















3






















4






















5























NILAI KONVERSI
NILAI KONVERSI
3,66 < A ≤ 4,00
2,00 < C+ ≤ 2,33
3,33 < A- ≤ 3,66
1,66 < C ≤ 2,00
3,00 < B+ ≤ 3,33
1,33 < C- ≤ 1,66
2,66 < B ≤ 3,00
1,00 < D+ ≤ 1,33
2,33 < B- ≤ 2,66
0,00 < D ≤ 1,00



Lampiran Lembar Kerja Siswa
Pertemuan 1
Read the following text with the correct pronounciation and change it into yours!
Hi, I am Yanti. My complete name is Yanti Marisa Nasution. I am a student of SMP Nuri. I study in class 7-A. I am from Yogyakarta. II live on Mmango street No. 35, Jakarta Now. I was born on june 3rd, 2001 in Yogyakarta. I am thirteen years old now. I live with my parents and my younger brother. My parents are Mr. Didi Nasution and Mrs. Yani Nasution. My brother’s name is Wahyu Nasution. My hobby is dancing. I join dancing course on Wednesday and Saturday. I want to be a professional dancer one day.

Pertemuan 2
Arrange the following jumbled words into a correct sentence!
1.      From-Solo-Danang-is
2.      Name-?-is-your-what
3.      To-myself-me-allow-introduce
4.      Is-name-sheila-my
5.      ?-live-where-you-do
Kunci jawaban:
1.      Danang is from Solo
2.      What is your name?
3.      Allow me to introduce myself
4.      My name is sheila
5.      Where do you live?


0 comments:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com