Tuesday, 7 October 2014

RPP BAHASA INGGRIS BAB 1 KELAS 1 SMP KURIKULUM 2013












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP Negeri 2 Karang Baru
Mata Pelajaran                      Bahasa Inggris
Kelas/semester                        VII (tujuh)/ 1 (satu)
Materi Pokok                          : 1. How Are You
Alokasi Waktu                        12 JP (6xpertemuan)

A.     Kompetensi Inti
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan  kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Nomor
Kompetensi dasar
Indikator pencapaian Kompetensi
1
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

2
2.1.Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman

3
3.1 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.1.1 Siswa mampu menyebutkan kata-kata yang digunakan pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf serta responnya.
3.2.2 Siswa mampu menyusun percakapan sederhana dengan menggunakan ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf serta responnya.
4
4.1 Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.1.1Siswa mampu mendemonstrasikan percakapan sederhana menggunakan ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf serta responnya.

C.     Materi Pembelajaran  
1.      Teks lisan dan tulis untuk  sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf

2.      Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan tema.
3.      Struktur teks
 (ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
·         Good morning. How are you?, Fine, thank you. And you?dan semacamnya
·         Goodbye. Bye. See you later. See you. Take care., dan semacamnya
·         Thank you. You are welcome., dan semacamnya
·         I’m sorry. That’s fine, okay. Allright., dan semacamnya
4.      Unsur kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
5.      Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.

D.     Metode Pembelajaran
Ø  Pendekatan      : Scientific Learning  ( observing, questioning, experimenting, associating, commmunicating )
Ø  Model              : Discovery Learning.

E.     Media, Alat dan Sumber Belajar
1.      Media dan Alat
Ø  Kartu
Ø  Kertas Origami
Ø  Kertas Karton
2.      Sumber Belajar
Ø  Model ucapan dan tindakan guru yang terkait  dengan menyatakan dan   menanyakan tindakan/kejadian yang sedang dilakukan/berlangsung saat ini
Ø  Buku Siswa P. 3
Ø  LKS Zamrud Bahasa Inggris P. 5-6
Ø  English in Focus hal. 26

F.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 
    Pertemuan 1
Kegiatan
Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.    Kegiatan Awal

·       Siswa bersama guru  mengucapkan salam dan berdoa.
·       Guru mengecek kehadiran siswa.
·       Guru memberikan motivasi dan apersepsi.
·       Guru mengaitkan pembelajaran dengan materi sebelumnya dengan pertanyaan; seperti:
Do remember what you have learnt last meeting?

10 menit
2.    Kegiatan Inti
Mengamati (Observing)
·      Guru menyapa siswa menggunakan ungkapan sapaan dan pamitan.
·      Guru menampilkan sebuah lirik lagu “Good Morning” dan menyanyikannya bersama-sama siswa.
60 menit
Menanya (Questioning)
·       Guru memancing siswa untuk bertanya dengan bertanya pertanyaan-pertanyaan ringan seperti:
v  “Apakah arti dari good morning, good afternoon, good evening dan good night yang terdapat di dalam lagu?”
v  Di dalam bahasa Indonesia, saat bertemu dengan orang lain, apa yang mula-mula kita ucapkan? Disebut apakah kalimat itu?
v  Selamat pagi/siang/sore/malam itu disebut kalimat apa?
v  Apa bahasa inggris dari selamat pagi/siang/sore/malam?
Mencoba (Experimenting)
·      Guru membacakan teks percakapan yang terdapat pada hal. 5 LKS dengan pengucapan, intonasi dan tekanan yang benar.
·      Guru membimbing siswa yang secara berpasangan berlatih mengucapkan percakapan tersebut.
·      Guru membimbing siswa dalam mengerjakan task 6 LKS.
3.    Kegiatan Akhir
·      Guru menanyakan kepada siswa contoh ungkapan sapaan dan pamitan yang mereka dapatkan dari kegiatan pembelajaran.
10 menit

Pertemuan 2
Kegiatan
Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.    Kegiatan Awal
·      Siswa bersama guru  mengucapkan salam dan berdoa.
·      Guru mengecek kehadiran siswa.
·      Guru menyapa siswa dengan ungkapan sapaan.
·      Guru mengaitkan pembelajaran dengan materi sebelumnya dengan pertanyaan; seperti:
Do remember what you have learnt last meeting?

10 menit
2.    Kegiatan Inti
Mencoba (Experimenting)Lanjutan
·      Guru membimbing siswa untuk mengerjakan task 10 hal. 7 LKS secara lisan.
·      Mengarahkan siswa untuk membaca dan mencatat expression of Greeting dari kertas karton yang bersumber dari yang ada di LKS hal. 8
·      Guru membagi siswa ke dalam empat kelompok. Kelompok 1 berpasangan dengan kelompok 2. Kelompok 3 berpasangan dengan kelompok 4. Guru memberikan setiap pasang kelompok sebuah percakapan acak yang terdiri dari beberapa kartu. Tugas setiap kelompok adalah untuk menyusun percakapan tersebut dengan cara saat kelompok 1 membaca percakapan maka kelompok pasangannya yaitu kelompo2 memberi respon yang sesuai sehingga percakapan tersebut tersusun dengan utuh dan benar begitu juga pada kelompok 3 dan 4. Guru membimbing setiap kelompok dalam menyusun dan mendemonstrasikan percakapan tersebut.
60 menit
Mengasosiasikan (Associating)
·      Guru membagi siswa ke dalam 4 kelompok belajar. Masing-masing kelompok diberikan sebuah percakapan sederhana yang tersusun pada kartu-kartu dan di dalamnya terdapat ungkapan sapaan dan pamitan. Percakapan ini masih acak dan tugas siswa adalah untuk menyusunnya manjadi percakapan yang utuh serta memberi terjemahannya dan menggaris bawahi ungkapan sapaan dan pamitan yang terdapat dalam percakapan tersebut. Masing-masing siswa menuliskan tugasnya di buku latihan.
Mengkomunikasikan (Communicating)
·      Masing-masing kelompok menampilkan hasil kerja mereka di depan kelas.
3.    Kegiatan Akhir
·      Guru menanyakan kepada siswa pengertian dan kegunaan ungkapan sapaan dan pamitan menggunakan kata-kata siswa.
·      Guru menanyakan kepada siswa contoh ungkapan sapaan dan pamitan yang mereka dapatkan dari kegiatan pembelajaran.
10 menit


Pertemuan 3
Kegiatan
Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.       Kegiatan Awal
·       Siswa bersama guru  mengucapkan salam dan berdoa.
·       Guru mengecek kehadiran siswa.
·       Guru menyapa siswa dengan ungkapan sapaan.
·       Guru mengaitkan pembelajaran dengan materi sebelumnya dengan pertanyaan; seperti:
Do remember what you have learnt last meeting?
10 menit
2.    Kegiatan Inti
Mencoba (Experimenting) Lanjutan
·      Guru menampilkan sebuah percakapan pada kertas karton dan membacakannya dengan pelafalan dan tekanan yang benar dan diikuti oleh para siswa.
·      Guru dan siswa bersama-sama menterjemahkan percakapan tersebut.
60 menit
Mengasosiasi (Associating) Lanjutan
·      Guru membagi siswa ke dalam empat kelompok. Guru memberikan masing-masing kelompok sebuah situasi dan setiap kelompok membuat percakapan sederhana berdasarkan situasi tersebut dan di dalamnya harus ada ungkapan sapaan dan pamitan. Siswa harus menggaris bawahi ungkapan sapaan dan pamitan yang ada dalam percakapan tersebut.
Mengkomunikasikan (Communicating) Lanjutan
·      Masing-masing kelompok menampilkan hasil kerja mereka di depan kelas.
3.    Kegiatan Akhir
·      Guru menanyakan kepada siswa ungkapan sapaan dan pamitan yang mereka peroleh dari kegiatan pembelajaran.
10 menit

Pertemuan 4
Kegiatan
Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.    Kegiatan Awal
·       Siswa bersama guru  mengucapkan salam dan berdoa.
·       Guru mengecek kehadiran siswa.
·       Guru memberikan motivasi dan apersepsi.
·       Guru mengaitkan pembelajaran dengan materi sebelumnya dengan pertanyaan; seperti:
Do remember what you have learnt last meeting?
10  menit
2.    Kegiatan Inti
Mengamati (Observing)
·      Guru menyapa siswa menggunakan ungkapan sapaan dan menanyakan kabar siswa.
·      Guru menampilkan sebuah gambar percakapan pada kertas karton dan meminta siswa untuk mengamati dan membaca percakapan tersebut.
60 menit
Menanya (Questioning)
·       Guru memancing siswa untuk bertanya dengan pertanyaan-pertanyaan ringan seperti:
v  Apakah arti dari thank you, thank you very much, I am sorry, You are welcome dan never mind yang terdapat pada percakapan tersebut.
v  Apa yang kalian ucapkan bila ingin berterima kasih dan meminta maaf?
v  Apa bahasa inggris dari terima kasih dan maafkan saya?
Mencoba (Experimenting)
·      Guru membacakan teks percakapan yang terdapat pada kertas karton tersebut.
·      Guru membimbing siswa yang secara berpasangan berlatih mengucapkan percakapan tersebut serta menterjemahkannya dan memberikan penekanan pada kata thank you dan I am sorry
·      Guru meminta siswa secara berpasangan untuk membacakan percapakan pada halaman 25 English In Focus di depan kelas dengan pengucapan yang benar dengan bimbingan guru. Guru memberikan penekanan pada kata thank you dan I am sorry yang terdapat dalam percakapan tersebut.
3.      Kegiatan Akhir
·      Guru menanyakan kepada siswa contoh ungkapan terima kasih dan permintaan maaf yang mereka dapatkan dari kegiatan pembelajaran.
10 menit

Pertemuan 5
Kegiatan
Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.    Kegiatan Awal
·      Siswa bersama guru  mengucapkan salam dan berdoa.
·      Guru mengecek kehadiran siswa.
·      Guru menyapa siswa dengan ungkapan sapaan.
·      Guru mengaitkan pembelajaran dengan materi sebelumnya dengan pertanyaan; seperti:
Do remember what you have learnt last meeting?
10  menit
2.    Kegiatan Inti
Mencoba (Experimenting)Lanjutan
·      Mengarahkan siswa untuk membaca, menterjemahkan dan mencatat expression of Gratitude and apology yang ada di English in Focus hal. 26
·      Guru membagi siswa ke dalam empat kelompok. Kelompok 1 berpasangan dengan kelompok 2. Kelompok 3 berpasangan dengan kelompok 4. Guru memberikan setiap pasang kelompok sebuah percakapan acak yang terdiri dari beberapa kartu. Tugas setiap kelompok adalah untuk menyusun percakapan tersebut dengan cara saat kelompok 1 membaca percakapan maka kelompok pasangannya yaitu kelompok 2 memberi respon yang sesuai sehingga percakapan tersebut tersusun dengan utuh dan benar begitu juga pada kelompok 3 dan 4. Guru membimbing setiap kelompok dalam menyusun dan mendemonstrasikan percakapan tersebut.
60 menit
Mengasosiasikan (Associating)
·      Guru membagi siswa ke dalam 4 beberapa kelompok belajar. Masing-masing kelompok diberikan sebuah percakapan sederhana yang tersusun pada kartu-kartu dan di dalamnya terdapat ungkapan terima kasih dan permintaan maaf. Percakapan ini masih acak dan tugas siswa adalah untuk menyusunnya manjadi percakapan yang utuh serta memberi terjemahannya.
Mengkomunikasikan (Communicating)
·      Masing-masing kelompok membacakan hasil kerja mereka di depan kelas.
3.    Kegiatan Akhir
·      Guru menanyakan kepada siswa pengertian dan kegunaan ungkapan terima kasih dan permintaan maaf menggunakan kata-kata siswa.
·      Guru menanyakan kepada siswa contoh ungkapan terima kasih dna permintaan maaf yang mereka dapatkan dari kegiatan pembelajaran.
10 menit


Pertemuan 6
Kegiatan
Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
1.    Kegiatan Awal
·       Siswa bersama guru  mengucapkan salam dan berdoa.
·       Guru mengecek kehadiran siswa.
·       Guru menyapa siswa dengan ungkapan sapaan.
·       Guru mengaitkan pembelajaran dengan materi sebelumnya dengan pertanyaan; seperti:
Do remember what you have learnt last meeting?
10  menit
2.    Kegiatan Inti
Mencoba (Experimenting) Lanjutan
·      Guru menampilkan sebuah percakapan pada kertas karton dan membacakannya dengan pelafalan dan tekanan yang benar dan diikuti oleh para siswa.
·      Guru dan siswa bersama-sama membaca dan menterjemahkan percakapn tersebut.
·      Guru membimbing siswa secara berpasangan untuk membaca dan menterjemahkan percakapan tersebut dengan pelafalan yang benar.
60 menit
Mengasosiasi (Associating) Lanjutan
·      Guru membagi siswa ke dalam empat kelompok. Guru memberikan masing-masing kelompok sebuah situasi dan setiap kelompok membuat percakapan sederhana berdasarkan situasi tersebut dan di dalamnya harus ada ungkapan sapaan, pamitan, terima kasih dan permintaan maaf.
Mengkomunikasikan (Communicating)
·      Maing-masing kelompok menampilkan hasil kerja mereka di depan kelas.
3.    Kegiatan Akhir
·      Guru mengulang-ulang kembali ungkapan terima kasih, permintaan maaf beserta responnya.
10 menit


G.    Penilaian (Instrumen  terlampir)
1.    Penilaian sikap
2.    Penilaian pengetahuan
3.    Penilaian ketrampilan




Mengetahui,                                                                    Karang Baru, 6 Juli 2014
Kepala SMPN 2 Karang Baru                                                   Guru Pamong



Mursidah, S. Pd                                                               Juhairiyah, S. Pd
NIP. 196220116 198703 2003                                        NIP. 19740710 200701 2005 

Guru PPL


Nurul Hidayani
  NIM. 141100649




Lampiran Penilaian
1.      Sikap
NO
NAMA SISWA
KOMPONEN NILAI SIKAP (Skala 100)
RATA-RATA

OBSERVASI/PENGAMATAN SAAT KBM
PEN DIRI
PEN SJWT
JRNL
PREDIKAT
DISKRIPSI
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
RT-2
1




















2




















3




















4




















5





















Interval
Keterangan
80-100
Sangat Baik
70-79
Baik
60-69
Cukup
≤ 59
Kurang

1
Keterbukaan
7
Ramah Dengan Teman
2
Ketekunan Belajar
8
Hormat Pada Guru
3
Kerajinan
9
Kejujuran
4
Tenggang Rasa
10
Menepati Janji
5
Kedisiplinan
11
Kepedulian
6
Kerjasama
12
Tanggung Jawab


2.      Pengetahuan

ENGLISH TEST

Cross a, b, c, or d for the correct answer!
1.      It’s 7 a.m. What do you say to greet people?
a.       Good morning
b.      Good evening
c.       Good afternoon
d.      Good night

2.      Kurniawan       : Hi, how are you, Qhadafi ?
Qhadafi                       :_________________
a.    Hi, nice to see you
b.      Hi, I am fine, thanks. And you?
c.    Hi, good morning
d.      How do you do

3.      Selamat tidur in English is__________
a.       Good morning
b.      Good evening
c.       Good afternoon
d.      Good night

4.      Daniel  : I must go now. See you later.
Pajar    : _________
a.       See you
b.      Good bye
c.       Nice to see you too
d.      Good night

Dialogue for no. 5-6
Dilla     : Hello! My name is Dilla. What is your name?
Lia       : Hi, my name is Lia.
Dilla     : Nice to meet you, Lia.
Lia       : Nice to meet you too, Dilla. Are you a new student?
Dilla     : Yes, I am. I am a student of class 7-A.
Lia       : I am in 7-B. Welcome to our school, Dilla.
Dilla     : Thank you very much, Lia.

5.      Who is a new student?
a.       Della
b.      Dilla
c.       Rahma
d.      Lia

6.      What class is Lia in?
a.       She is in class 7-A
b.      She is in class 7-C
c.       She is in class 7-B
d.      She is in class 7-D

Dialogue for no. 7
Dimas  : Excuse me, my name is Dimas. What is your name?
Ajuan   : My name is Ajuan. How do you do?
Dimas  : How do you do. I am your new neighbour. I am from Lhoksemawe.
Ajuan   : Welcome to this residence, Dimas. Where do you go to school?
Dimas  : I go to SMPN 1 Karang Baru. How about you?
Ajuan   : I go to SMPN 2 Karang Baru. Nice to see you.
Dimas  : Nice to see you too.

7.      Where does Ajuan go to school?
a.       At SMPN 1 Karang Baru
b.      At SMP Darma Patra
c.       At SMPN 2 Karang Baru
d.      At SMPN 4 Percontohan

8.      Andika             : May I borrow your book?
Haya                : Yes. Sure.
Andika             : ____________
Mariam                        : You are welcome
a.      Excuse me
b.      I am sorry
c.      Thank you very much
d.      Please pardon me

9.      Indah               : _________. I can not help you.
Juri                  : No problem.
a.       I am sorry
b.      Thanks
c.       Good morning
d.      My name is Indah.

10.  Ros is my sister. She always helps_______.
a.       Her
b.      It
c.       Him
d.      Me

Jawaban benar untuk setiap nomor berbobot = 10
                   Skor max  10x10 = 100
                   Skor Pencapaian =        


3.      Keterampilan
NO
NAMA SISWA
KOMPONEN NILAI KETRAMPILAN (Skala 5)
RATA-RATA
NILAI LHB PENGETAHUAN
SPEAKING 1
SPEAKING 2
SPEAKING 3
KONVERSI (skala 1-4)
PREDIKAT
PRONUNCIATION
VOCABULARY
PFLUENCY
INTONATION
GRAMMATICAL
RT-2
PRONUNCIATION
VOCABULARY
PFLUENCY
INTONATION
GRAMMATICAL
RT-2
PRONUNCIATION
VOCABULARY
PFLUENCY
INTONATION
GRAMMATICAL
RT-2
1






















2






















3






















4






















5























NILAI KONVERSI
NILAI KONVERSI
3,66 < A ≤ 4,00
2,00 < C+ ≤ 2,33
3,33 < A- ≤ 3,66
1,66 < C ≤ 2,00
3,00 < B+ ≤ 3,33
1,33 < C- ≤ 1,66
2,66 < B ≤ 3,00
1,00 < D+ ≤ 1,33
2,33 < B- ≤ 2,66
0,00 < D ≤ 1,00






Lampiran Lembar Kerja Siswa
Pertemuan 1
Read the dialog with correct pronounciation!
Situation: In the school yard.
Intan    : Good morning. I am intan. What is your name?
Yanti    : Good morning. My name is Yanti.
Intan    : Nice to meet you Yanti.
Yanti    : Nice to meet you too.
Intan    : Are you a new student?
Yanti    : Yes, I am.
Intan    : Where are you from?
Yanti    : I am from Yogyakarta.
Intan    : Welcome to our school, Yanti. I hope you to enjoy studying here.
Yanti    : Thank you very much, Intan.

Pertemuan 2
Do As example
Intan-Aceh
Good morning. My name is Intan. I am from Aceh.
1.      Dewi-Surabaya
2.      Glen-Maluku
3.      Wayan-Bali
4.      Yanti-Yogyakarta
5.      Udin-Jakarta
Kunci jawaban:
1.      Good afternoon. My name is Dewi. I am from Surabaya.
2.      Good evening. My name is Glen. I am from Maluku.
3.      Good afternoon. My name is Wayan. I am from Bali.
4.      Good morning. My name is Yanti. I am from Yogyakarta.
5.      Good evening. My name is Udin. I am from Jakarta.

Pertemuan 3
Arrange this dialog!
Mira     : See you.
Mira     : How are you doing today?
Mira     : Hi, Lina. Good morning.
Mira     : Not bad. Can I borrow your notebook?
Mira     : Thank you, Lina.
Lina     : You are welcome. OK, Mira, see you later.
Lina     : I am feeling good, thanks. How about you?
Lina     : Yes, sure.
Lina     : Hi, Mira. Good morning.
Kunci Jawaban:
Mira     : Hi, Lina. Good morning.
Lina     : Hi, Mira. Good morning.
Mira     : How are you doing today?
Lina     : I am feeling goo, thanks. How about you?
Mira     : Not bad. Can I borrow your notebook?
Lina     : Yes, sure.
Mira     : Thank you, Lina.
Lina     : You are welcome. OK, Mira, see you later.
Mira     : See you.

Pertemuan 4
Read these dialogs with correct pronounciation!
Your mother is making your birthday cake. She needs some sugar. She asks you to buy some sugar in the market.
Mother             : Dear son, I need your help now.
Mirza               : Yes, mom. What can I do for you?
Mother             : Can you go to market and buy some sugar for me?
Mirza               : Sure, mom.
Mother             : Thank you very much.
Mirza               : You are welcome, mom.

Pertemuan 5
Arrange this dialog!
You forgot to return your friend’s dictionary. Your friend asks you to return it soon.
Amir                : No problem, Putra. But please return it soon. I need it.
Amir                : Thank you, Putra.
Amir                : Have you finished with my dictionary, Putra?
Putra                : OK, Amir. I will come to your house this evening to return it.
Putra                : I am so sorry for being late to returnyour dictionary, Amir. I forget to bring it.
Kunci Jawaban:
Amir                : Have you finished with my dictionary, Putra?
Putra                : I am so sorry for being late to returnyour dictionary, Amir. I forget to bring it.
Amir                : No problem, Putra. But please return it soon. I need it.
Putra                : OK, Amir. I will come to your house this evening to return it.
Amir                : Thank you, Putra.

Pertemuan 6
Choose the correct answer!
Rita      : Hi, I (1) _____ Rita. I am a new student. What is your name?
Maya   : Hi, Rita. I am Maya. Nice to see you. (2) ______ are you from?
Rita      : I am from Jakarta. Do you (3) _______ where is Mr. Adnan’s house?
Maya   : (4)_________. I don’t know.
Rita      : No prablem, Maya. I have to (5) _____ now. See you later.
Maya   : Be careful. (6) __________.

See you
I am sorry
go
am
know
Where
Kunci Jawaban:
1.    am
2.    Where
3.      know
4.     I am sorry
5.    go
6.    See you


0 comments:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com